Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DI LABORATURIUM TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH ASKEB I KEHAMILAN DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2013
Oleh : Siti Rahayu (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Metode Laboraturium dan Hasil Belajar Askeb I Kehamilan
Metode mempunyai andil cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar, dengan metode yang tepat pengajar menemukan keberhasilan mengajar. Di laboratorium tempat proses belajar mengajar agar mahasiswa dapat mengaplikasikan teori dan pengalaman belajar agar menghasilkan lulusan Bidan Profesional. Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran di laboraturium terhadap hasil belajar mata kuliah Askeb I (Kehamilan) di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2013. Penelitian Eksplanotory Research, Populasi 137 dan sampel 102 mahasiswi Akademi Kebidanan Sehat Medan semester IV bulan April - September 2013, menggunakan analisa data menggunakan uji regesi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden metode demonstrasi pada pelajaran askeb I kehamilan kategori sedang yaitu kategori sedang 42 mahasiswi (41,2%), diskusi kelompok kategori sedang 48 (47,1%), tugas kategori sangat baik 42 (41,2%). Berdasarkan uji linear berganda di dapatkan hasil uji parsial / uji t metode demonstrasi dan diskusi kelompok memiliki p-value 0,000 < 0.05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima terhadap hasil belajar askeb I kehamilan, metode tugas memiliki p-value 0,000 > 0.05 yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak terhadap hasil belajar askeb I kehamilan diperkuat dengan uji serentak/ uji F/ANOVA disimpulkan Fhitung > Ftabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil belajar mata kuliah askeb I kehamilan dengan menggunakan metode pembelajaran di laboraturium yang memiliki pengaruh metode demonstrasi dan diskusi kelompok sedangkan metode tugas tidak mempengaruhi hasil belajar.
Metode mempunyai andil cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar, dengan metode yang tepat pengajar menemukan keberhasilan mengajar. Di laboratorium tempat proses belajar mengajar agar mahasiswa dapat mengaplikasikan teori dan pengalaman belajar agar menghasilkan lulusan Bidan Profesional. Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran di laboraturium terhadap hasil belajar mata kuliah Askeb I (Kehamilan) di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2013. Penelitian Eksplanotory Research, Populasi 137 dan sampel 102 mahasiswi Akademi Kebidanan Sehat Medan semester IV bulan April - September 2013, menggunakan analisa data menggunakan uji regesi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden metode demonstrasi pada pelajaran askeb I kehamilan kategori sedang yaitu kategori sedang 42 mahasiswi (41,2%), diskusi kelompok kategori sedang 48 (47,1%), tugas kategori sangat baik 42 (41,2%). Berdasarkan uji linear berganda di dapatkan hasil uji parsial / uji t metode demonstrasi dan diskusi kelompok memiliki p-value 0,000 < 0.05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima terhadap hasil belajar askeb I kehamilan, metode tugas memiliki p-value 0,000 > 0.05 yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak terhadap hasil belajar askeb I kehamilan diperkuat dengan uji serentak/ uji F/ANOVA disimpulkan Fhitung > Ftabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil belajar mata kuliah askeb I kehamilan dengan menggunakan metode pembelajaran di laboraturium yang memiliki pengaruh metode demonstrasi dan diskusi kelompok sedangkan metode tugas tidak mempengaruhi hasil belajar.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Juliani, Mara Laut Siregar, Editor: LPPM STIKes Helvetia