Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER III PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN II DI AKADEMI KEBIDANAN HARAPAN MAMA TAHUN 2013

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : SRI FRISKA DEWI SITUMORANG
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Learning Together, Hasil Nilai belajar askeb II
Url : http://www.helvetia.ac.id

Tujuan penting dari pembelajaran kooperatif adalah untuk mengajarkan kepada siswa keterampilan kerja sama. Peranan hubungan kerja dapat dibangun dengan mengembangkan komuniskasi antar anggota kelompok, sedangkan peranan tugas dilakukan dengan membagi tugas antar anggota kelompok selama kegiatan berlangsung.


Jenis penelitian ini adalah survei menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III di Akademi Kebidanan Harapan Mama Medan yang berjumlah 65 orang. Sampel penelitian adalah total populasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif. learning together berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini diindikasikan oleh nilai rhitung (0,391) > rtabel (0,248). Dengan derajat kemaknaan (α) = ¬0,007 < 0,05, maka terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif tipe learning together dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah asuhan kebidanan II.


Kesimpulan bahwa metode pembelajaran ini adalah dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, belajar menjadi menyenangkan karena mahasiswa dapat bekerjasama dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Bagi Akademi Kebidanan Harapan Mama Medan hendaknya dapat lebih meningkatkan metode pembelajarannya sehingga mendorong mahasiswa lebih giat dalam belajar sehingga hasil belajar akan lebih baik lagi.

Deskripsi Alternatif :

Tujuan penting dari pembelajaran kooperatif adalah untuk mengajarkan kepada siswa keterampilan kerja sama. Peranan hubungan kerja dapat dibangun dengan mengembangkan komuniskasi antar anggota kelompok, sedangkan peranan tugas dilakukan dengan membagi tugas antar anggota kelompok selama kegiatan berlangsung.


Jenis penelitian ini adalah survei menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III di Akademi Kebidanan Harapan Mama Medan yang berjumlah 65 orang. Sampel penelitian adalah total populasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif. learning together berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini diindikasikan oleh nilai rhitung (0,391) > rtabel (0,248). Dengan derajat kemaknaan (α) = ¬0,007 < 0,05, maka terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif tipe learning together dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah asuhan kebidanan II.


Kesimpulan bahwa metode pembelajaran ini adalah dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, belajar menjadi menyenangkan karena mahasiswa dapat bekerjasama dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Bagi Akademi Kebidanan Harapan Mama Medan hendaknya dapat lebih meningkatkan metode pembelajarannya sehingga mendorong mahasiswa lebih giat dalam belajar sehingga hasil belajar akan lebih baik lagi.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Dra.Hasrita Lubis M.Pd.Pd.D


    Yuniati, SKM, M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia