Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pembimbing Praktek Klinik Dengan Hasil Belajar Praktek Klinik Asuhan Kebidanan II di Akademi Kebidanan Flora Medan Tahun 2013
Oleh : SRI ULINA
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Persepsi Mahasiwa, Kemampuan Pembimbing Praktek Klinik Hasil Belajar Praktek Klinik Asuhan Kebidanan II.
Url : http://www.helvetia.ac.id
Kinerja Pembimbing Praktek Klinik menjadi baik dan pembelajaran praktek klinik akan menjadi efektif yang artinya pembelajaran praktek klinik dapat mencapai tujuan, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas lulusan pendidikan kebidanan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan correlational study. Populasi penelitian yaitu 97 orang, dan sampel diperoleh sebanyak 50 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh lansung dari responden untuk angket dan data sekunder yaitu hasil evaluasi belajar yang diperoleh dari bagian yang di evaluasi pendidikan Akademi Kebidanan Flora Medan. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kemampuan pembimbing praktek klinik mayoritas dalam kategori cukup (58,0%). Hasil belajar mahasiswa pada praktek klinik Asuhan Kebidanan II (Persalinan) mayoritas mendapatkan nilai B (52,0%). Hasil uji statistik Chi-Squarediperoleh X2hitung(46,305) > X2tabel(9,488) dan nilai signifikan/ probabilitas (p) = 0,000 < 0,05 yang artinya ada hubugan persepsi mahasiswa tentang kemampuan dosen pembimbing praktek klinik di Akademi Kebidanan Flora Medan. Dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan persepsi mahasiswa terhadap kemampuan pembimbing praktek klinik dengan hasil belajar praktek klinik Asuhan Kebidanan II. Diharapkan dosen meningkatkan bimbingan praktek klinik dengan menggunakan metode yang mudah dipahami oleh mahasiswa sehingga mahasiswa mempunyai persepsi yang baik.
Kinerja Pembimbing Praktek Klinik menjadi baik dan pembelajaran praktek klinik akan menjadi efektif yang artinya pembelajaran praktek klinik dapat mencapai tujuan, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas lulusan pendidikan kebidanan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan correlational study. Populasi penelitian yaitu 97 orang, dan sampel diperoleh sebanyak 50 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh lansung dari responden untuk angket dan data sekunder yaitu hasil evaluasi belajar yang diperoleh dari bagian yang di evaluasi pendidikan Akademi Kebidanan Flora Medan. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kemampuan pembimbing praktek klinik mayoritas dalam kategori cukup (58,0%). Hasil belajar mahasiswa pada praktek klinik Asuhan Kebidanan II (Persalinan) mayoritas mendapatkan nilai B (52,0%). Hasil uji statistik Chi-Squarediperoleh X2hitung(46,305) > X2tabel(9,488) dan nilai signifikan/ probabilitas (p) = 0,000 < 0,05 yang artinya ada hubugan persepsi mahasiswa tentang kemampuan dosen pembimbing praktek klinik di Akademi Kebidanan Flora Medan. Dalam hal ini dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan persepsi mahasiswa terhadap kemampuan pembimbing praktek klinik dengan hasil belajar praktek klinik Asuhan Kebidanan II. Diharapkan dosen meningkatkan bimbingan praktek klinik dengan menggunakan metode yang mudah dipahami oleh mahasiswa sehingga mahasiswa mempunyai persepsi yang baik.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Roslina Julianti, SSI, M.Kes
Vivi Eulis Diana, SSI, MEM, Apt, Editor: LPPM STIKes Helvetia