Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH DOKUMENTASI KEBIDANAN DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2012
Oleh : SRI WAHYULI BR SITEPU
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Hubungan, Metode Pembelajaran, Motivasi, Dokumentasi Kebidanan
Url : http://www.helvetia.ac.id
Pendidikan adalah satu bentuk perwujutan kebudayaan manusia yang dinamis dan syarat perkembangan. Di Indonesia yang memiliki motivasi belajar masih sangat rendah. Hal ini dapat di lihat dari hasil wawancara yang dilakukan menyatakan bahwa banyak faktor yang menyebabkan kurangnya minat dan motivasi belajar karena kurangnya komunikasi anatara dosen dengan mahasiswa dikarenakan oleh ketidakefisienan dan kesesuain dalam penerapan metode pembelajaran yang mengakibatkan mahasiswa jenuh dan bosan pada saat proses belajar-mengajar berlangsung.
Penelitian bersifat studi korelasi dengan desain cross sectional, yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan pengamatan sesaat atau dalam suatu periode waktu tertentu dan setiap objek studi hanya dilakukan satu kali pengamatan selama penelitian. Pendekatan dilakukan untuk observasi data primer dan data skunder. Lokasi penelitian di Akademi Kebidan Sehat Medan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 275 orang sampel diambil dengan menggunakan random sampling sebanyak 73 orang. Instrument yang digunakan merupakan lembar kuesioner yang terdiri dari 26 pertanyaan yang sudah di uji validitas, 13 pernyataan tentang metode pembelajaran dan 13 pernyataan untuk motivasi mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara metode pembelajaran dengan motivasi mahasiswa dari hasil uji bivariate diperoleh hasil dimana r > p dengan nilai r = 0,762 nilai p = 0,001, terdapat metode pembelajaran baik yang diberikan dosen dalam proses belajar mengajar sebanyak sebanyak 59 orang (80.8%) âBaikâ, motivasi paling sedikit dengan motivasi baik sebanyak 59 responden (80.8%) âBaikâ.
Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah ada hubungan metode pembelajaran dengan motivasi mahasiswa dengan taraf signifikan 0,001. Dengan demikan berdasarkan data diatas perlunya peningkatan pengetahuan dan kinerja dosen dalam memberikan bahan ajar kepada mahasiswa serta lebih meningkatkan lagi strategi pembelajaran yang sesuai pada saat proses belajar mengajar supaya tercapai tujuan pembelajaran yang efektif
Pendidikan adalah satu bentuk perwujutan kebudayaan manusia yang dinamis dan syarat perkembangan. Di Indonesia yang memiliki motivasi belajar masih sangat rendah. Hal ini dapat di lihat dari hasil wawancara yang dilakukan menyatakan bahwa banyak faktor yang menyebabkan kurangnya minat dan motivasi belajar karena kurangnya komunikasi anatara dosen dengan mahasiswa dikarenakan oleh ketidakefisienan dan kesesuain dalam penerapan metode pembelajaran yang mengakibatkan mahasiswa jenuh dan bosan pada saat proses belajar-mengajar berlangsung.
Penelitian bersifat studi korelasi dengan desain cross sectional, yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan pengamatan sesaat atau dalam suatu periode waktu tertentu dan setiap objek studi hanya dilakukan satu kali pengamatan selama penelitian. Pendekatan dilakukan untuk observasi data primer dan data skunder. Lokasi penelitian di Akademi Kebidan Sehat Medan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 275 orang sampel diambil dengan menggunakan random sampling sebanyak 73 orang. Instrument yang digunakan merupakan lembar kuesioner yang terdiri dari 26 pertanyaan yang sudah di uji validitas, 13 pernyataan tentang metode pembelajaran dan 13 pernyataan untuk motivasi mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara metode pembelajaran dengan motivasi mahasiswa dari hasil uji bivariate diperoleh hasil dimana r > p dengan nilai r = 0,762 nilai p = 0,001, terdapat metode pembelajaran baik yang diberikan dosen dalam proses belajar mengajar sebanyak sebanyak 59 orang (80.8%) âBaikâ, motivasi paling sedikit dengan motivasi baik sebanyak 59 responden (80.8%) âBaikâ.
Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah ada hubungan metode pembelajaran dengan motivasi mahasiswa dengan taraf signifikan 0,001. Dengan demikan berdasarkan data diatas perlunya peningkatan pengetahuan dan kinerja dosen dalam memberikan bahan ajar kepada mahasiswa serta lebih meningkatkan lagi strategi pembelajaran yang sesuai pada saat proses belajar mengajar supaya tercapai tujuan pembelajaran yang efektif
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Betty Mangkuji, SST, M.Keb
Dra. Hasrita, M.Pd, Editor: LPPM STIKes Helvetia