Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN PENGETAHUAN ASUHAN KEBIDANAN II PERSALINAN MAHASISWI SEMESTER IV DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2012
Oleh : SUGIARTI
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Metode Problem Solving, Pengetahuan Askeb II
Url : http://www.helvetia.ac.id
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara dosen dengan mahasiswa. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan dengan menerapkan berbagai metode pengajaran dan yang menjadi ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah âBagaimana hubungan metode problem solving dengan pengetahuan Asuhan Kebidanan II (Persalinan) mahasiswi semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012â.
Desain penelitian ini bersifat deskriptif yaitu dengan pendekatan studi korelasi.yaitu untuk menganalisa hubungan metode problem solving dengan pengetahuan Asuhan Kebidanan II (Persalinan) mahasiswi semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Akbid Sehat Medan tahun 2012 yang terdiri dari 4 (empat) kelas, yang berjumlah 275 mahasiswa dan besar sampel 68 orang.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa dosen dalam proses belajar mengajar minoritas dengan berpengetahuan baik tentang metode problem solving sebanyak 29 orang (42,6%) dan mayoritas dengan berpengetahuan kurang baik tentang metode problem solving sebanyak 36 orang (57,4%). pengetahuan mahasiswa semester IV tentang Askeb II (Persalinan) di Akademi Kebidanan Sehat Medan mayoritas dengan pengetahuan cukup sebanyak 30 orang (44,1%) dan minoritas dengan pengetahuan kurang sebanyak 27 orang (39,7%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dosen di Akademi Kebidanan Sehat Medan dalam proses belajar mengajar minoritas berpengetahuan baik tentang metode problem solving dan pengetahuan mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012.sebagai saran bagi dosen diharapkan lebih meningkatkan metode pembelajaran yang digunakan pada saat menyampaikan pembelajaran terutama metode problem solving). Bagi Mahasiswa diharapkan lebih memperhatikan motivasi belajar dan memperhatikan pelajaran pada saat mengikuti proses belajar dan diharapkan lebih meningkatkan pengetahuan dan penguasaan materi Askeb II (Persalinan) agar nantinya dalam mengabdi dapat menerapkan ilmu yang di dapat selama mengikuti pendidikan
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara dosen dengan mahasiswa. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan dengan menerapkan berbagai metode pengajaran dan yang menjadi ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah âBagaimana hubungan metode problem solving dengan pengetahuan Asuhan Kebidanan II (Persalinan) mahasiswi semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012â.
Desain penelitian ini bersifat deskriptif yaitu dengan pendekatan studi korelasi.yaitu untuk menganalisa hubungan metode problem solving dengan pengetahuan Asuhan Kebidanan II (Persalinan) mahasiswi semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Akbid Sehat Medan tahun 2012 yang terdiri dari 4 (empat) kelas, yang berjumlah 275 mahasiswa dan besar sampel 68 orang.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa dosen dalam proses belajar mengajar minoritas dengan berpengetahuan baik tentang metode problem solving sebanyak 29 orang (42,6%) dan mayoritas dengan berpengetahuan kurang baik tentang metode problem solving sebanyak 36 orang (57,4%). pengetahuan mahasiswa semester IV tentang Askeb II (Persalinan) di Akademi Kebidanan Sehat Medan mayoritas dengan pengetahuan cukup sebanyak 30 orang (44,1%) dan minoritas dengan pengetahuan kurang sebanyak 27 orang (39,7%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dosen di Akademi Kebidanan Sehat Medan dalam proses belajar mengajar minoritas berpengetahuan baik tentang metode problem solving dan pengetahuan mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012.sebagai saran bagi dosen diharapkan lebih meningkatkan metode pembelajaran yang digunakan pada saat menyampaikan pembelajaran terutama metode problem solving). Bagi Mahasiswa diharapkan lebih memperhatikan motivasi belajar dan memperhatikan pelajaran pada saat mengikuti proses belajar dan diharapkan lebih meningkatkan pengetahuan dan penguasaan materi Askeb II (Persalinan) agar nantinya dalam mengabdi dapat menerapkan ilmu yang di dapat selama mengikuti pendidikan
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Nurmaida Irawani Siregar, S.Psi, M.Si
Salim Aktar, M.Pd, Editor: LPPM STIKes Helvetia