Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN PENGETAHUAN ASUHAN KEBIDANAN II PERSALINAN MAHASISWI SEMESTER IV DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2012

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : SUGIARTI
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Metode Problem Solving, Pengetahuan Askeb II
Url : http://www.helvetia.ac.id

Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara dosen dengan mahasiswa. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan dengan menerapkan berbagai metode pengajaran dan yang menjadi ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hubungan metode problem solving dengan pengetahuan Asuhan Kebidanan II (Persalinan) mahasiswi semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012”.


Desain penelitian ini bersifat deskriptif yaitu dengan pendekatan studi korelasi.yaitu untuk menganalisa hubungan metode problem solving dengan pengetahuan Asuhan Kebidanan II (Persalinan) mahasiswi semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Akbid Sehat Medan tahun 2012 yang terdiri dari 4 (empat) kelas, yang berjumlah 275 mahasiswa dan besar sampel 68 orang.


Berdasarkan hasil penelitian bahwa dosen dalam proses belajar mengajar minoritas dengan berpengetahuan baik tentang metode problem solving sebanyak 29 orang (42,6%) dan mayoritas dengan berpengetahuan kurang baik tentang metode problem solving sebanyak 36 orang (57,4%). pengetahuan mahasiswa semester IV tentang Askeb II (Persalinan) di Akademi Kebidanan Sehat Medan mayoritas dengan pengetahuan cukup sebanyak 30 orang (44,1%) dan minoritas dengan pengetahuan kurang sebanyak 27 orang (39,7%).


Kesimpulan dari penelitian ini adalah dosen di Akademi Kebidanan Sehat Medan dalam proses belajar mengajar minoritas berpengetahuan baik tentang metode problem solving dan pengetahuan mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012.sebagai saran bagi dosen diharapkan lebih meningkatkan metode pembelajaran yang digunakan pada saat menyampaikan pembelajaran terutama metode problem solving). Bagi Mahasiswa diharapkan lebih memperhatikan motivasi belajar dan memperhatikan pelajaran pada saat mengikuti proses belajar dan diharapkan lebih meningkatkan pengetahuan dan penguasaan materi Askeb II (Persalinan) agar nantinya dalam mengabdi dapat menerapkan ilmu yang di dapat selama mengikuti pendidikan

Deskripsi Alternatif :

Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara dosen dengan mahasiswa. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan dengan menerapkan berbagai metode pengajaran dan yang menjadi ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hubungan metode problem solving dengan pengetahuan Asuhan Kebidanan II (Persalinan) mahasiswi semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012”.


Desain penelitian ini bersifat deskriptif yaitu dengan pendekatan studi korelasi.yaitu untuk menganalisa hubungan metode problem solving dengan pengetahuan Asuhan Kebidanan II (Persalinan) mahasiswi semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Akbid Sehat Medan tahun 2012 yang terdiri dari 4 (empat) kelas, yang berjumlah 275 mahasiswa dan besar sampel 68 orang.


Berdasarkan hasil penelitian bahwa dosen dalam proses belajar mengajar minoritas dengan berpengetahuan baik tentang metode problem solving sebanyak 29 orang (42,6%) dan mayoritas dengan berpengetahuan kurang baik tentang metode problem solving sebanyak 36 orang (57,4%). pengetahuan mahasiswa semester IV tentang Askeb II (Persalinan) di Akademi Kebidanan Sehat Medan mayoritas dengan pengetahuan cukup sebanyak 30 orang (44,1%) dan minoritas dengan pengetahuan kurang sebanyak 27 orang (39,7%).


Kesimpulan dari penelitian ini adalah dosen di Akademi Kebidanan Sehat Medan dalam proses belajar mengajar minoritas berpengetahuan baik tentang metode problem solving dan pengetahuan mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2012.sebagai saran bagi dosen diharapkan lebih meningkatkan metode pembelajaran yang digunakan pada saat menyampaikan pembelajaran terutama metode problem solving). Bagi Mahasiswa diharapkan lebih memperhatikan motivasi belajar dan memperhatikan pelajaran pada saat mengikuti proses belajar dan diharapkan lebih meningkatkan pengetahuan dan penguasaan materi Askeb II (Persalinan) agar nantinya dalam mengabdi dapat menerapkan ilmu yang di dapat selama mengikuti pendidikan

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Nurmaida Irawani Siregar, S.Psi, M.Si


    Salim Aktar, M.Pd, Editor: LPPM STIKes Helvetia