Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA PERSALINAN LETAK BOKONG DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT TAHUN 2013
Oleh : Susi Swanti Sipapaga (lppmstikes@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Strategi Pembelajaran. Perncanaan Pembelajaran, Metode Demonstrasi, Pencapaian Kompetensi
Url : http://helvetia.ac.id/library
Strategi pembelajaran merupakan seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur dan tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh dosen dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran merupakan tahapan penting yang dilakukan dosen. Metode paling baik digunakan dalam persalinan letak bokong yaitu metode demsontrasi yaitu cara penyajian pelajaran dengan memperagakan kepada mahasiswa suatu proses tertentu yang sedang dipelajari, yang disertai penjelasan lisan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan studi korelasi menggunakan uji chisquare. Populasi adalah seluruh mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Tahun 2013 dengan jumlah 226 orang. Sampel dalam penelitian adalah 70 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Hasil penelitian menunujukkan strategi pembelajaran yang terdiri dari perencanaan pembelajaran dan metode demonstrasi dengan pencapaian kompetensi pada pertolongan persalinan letak bokong pada mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Tahun 2013 yaitu untuk perencanaan pembelajaran dengan pencapaian kompetensi kategori kurang sebanyak 36 (51,4%) dan untuk metode demonstrasi dengan pencapaian kompetensi kategori kurang sebanyak 36 (51,4%) dan ada hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan pencapaian kompetensi dimana nilai p = 0,000 <α (0,05). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya ada hubungan antara strategi pembelajaran dengan pencapaian kompetensi mahasiswa.
Deskripsi Alternatif :Strategi pembelajaran merupakan seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur dan tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh dosen dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran merupakan tahapan penting yang dilakukan dosen. Metode paling baik digunakan dalam persalinan letak bokong yaitu metode demsontrasi yaitu cara penyajian pelajaran dengan memperagakan kepada mahasiswa suatu proses tertentu yang sedang dipelajari, yang disertai penjelasan lisan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan studi korelasi menggunakan uji chisquare. Populasi adalah seluruh mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Tahun 2013 dengan jumlah 226 orang. Sampel dalam penelitian adalah 70 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Hasil penelitian menunujukkan strategi pembelajaran yang terdiri dari perencanaan pembelajaran dan metode demonstrasi dengan pencapaian kompetensi pada pertolongan persalinan letak bokong pada mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sehat Tahun 2013 yaitu untuk perencanaan pembelajaran dengan pencapaian kompetensi kategori kurang sebanyak 36 (51,4%) dan untuk metode demonstrasi dengan pencapaian kompetensi kategori kurang sebanyak 36 (51,4%) dan ada hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan pencapaian kompetensi dimana nilai p = 0,000 <α (0,05). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya ada hubungan antara strategi pembelajaran dengan pencapaian kompetensi mahasiswa.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Wilhelmina W, Hasrita, Editor: LPPM STIKes Helvetia