Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN ASKEB III (NIFAS) PADA MAHASISWA SEMESTER III DI AKBID SEHAT MEDAN TAHUN 2013
Oleh : SUWIGA DEWI HARIANI
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Strategi Pembelajaran, Pencapaian Tujuan Pembelajaran
Url : http://www.helvetia.ac.id
Dilihat dari hasil data seluruh mahasiswi Program Studi D-III Kebidanan Sehat Medan untuk mata kuliah ASKEB III (NIFAS) tahun 2012-2013 yang berjumlah 173 yang mewakili satu kelas (kelas A) yang berjumlah 59, mayoritas mahasiswa mendapat nilai A (3,3%), B (33,8%), nilai C (62,7%), nilai D (0%), dan nilai E (0%), ini menunjukkan penguasaan mata kuliah ASKEB III (NIFAS) masih kurang baik, karena target nilai ASKEB III (NIFAS) secara keseluruhan adalah B. Pencapaian pembelajaran asuhan kebidanan nifas yang ditinjau dari segi nilai kurang tercapai karena lebih banyaknya mahasiswa yang mendapatkan nilai cukup dan disini strategi pembelajaran sangat berperan penting dalam pencapaian tersebut.
Jenis penelitian ini bersifat deskriftif yaitu dengan pendekatan studi korelasi. Populasi penelitian 229 orang dengan menggunakan random sampling sebanyak 68 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini data primer berupa angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Chi Square.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran memiliki hubungan signifikan dengan pencapaian tujuan pembelajaran Askeb III (Nifas), hasil Uji Chi-Square dengan df=6 di peroleh diperoleh nilai hitung= 19,193>Xtabel=10,645 dan nilai probabilitas (p-value)
Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran berhubungan dengan pencapaian tujuan pembelajaran mata kuliah askeb III (nifas) akabid sehar medan. Disarankan kepada dosen untuk menumbuhkan dukungan atau semangat belajar mahasiswi sebagai salah satu komponen strategi pembelaran setiap memulai belajar sehingga pencapaian tujuan pembelajaran dapat di capai
Dilihat dari hasil data seluruh mahasiswi Program Studi D-III Kebidanan Sehat Medan untuk mata kuliah ASKEB III (NIFAS) tahun 2012-2013 yang berjumlah 173 yang mewakili satu kelas (kelas A) yang berjumlah 59, mayoritas mahasiswa mendapat nilai A (3,3%), B (33,8%), nilai C (62,7%), nilai D (0%), dan nilai E (0%), ini menunjukkan penguasaan mata kuliah ASKEB III (NIFAS) masih kurang baik, karena target nilai ASKEB III (NIFAS) secara keseluruhan adalah B. Pencapaian pembelajaran asuhan kebidanan nifas yang ditinjau dari segi nilai kurang tercapai karena lebih banyaknya mahasiswa yang mendapatkan nilai cukup dan disini strategi pembelajaran sangat berperan penting dalam pencapaian tersebut.
Jenis penelitian ini bersifat deskriftif yaitu dengan pendekatan studi korelasi. Populasi penelitian 229 orang dengan menggunakan random sampling sebanyak 68 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini data primer berupa angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Chi Square.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran memiliki hubungan signifikan dengan pencapaian tujuan pembelajaran Askeb III (Nifas), hasil Uji Chi-Square dengan df=6 di peroleh diperoleh nilai hitung= 19,193>Xtabel=10,645 dan nilai probabilitas (p-value)
Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran berhubungan dengan pencapaian tujuan pembelajaran mata kuliah askeb III (nifas) akabid sehar medan. Disarankan kepada dosen untuk menumbuhkan dukungan atau semangat belajar mahasiswi sebagai salah satu komponen strategi pembelaran setiap memulai belajar sehingga pencapaian tujuan pembelajaran dapat di capai
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Tetty Noverita Khairani, S.Si, M.Si
Iman Muhammad, SE, S.Kom, MM, M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia