Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN PATOLOGI DI PRODI DIII POLTEKKES KEMENKES LANGSA TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : Tri lestari
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Persepsi Mahasiswa, Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Patologi
Url : http://www.helvetia.ac.id

Hasil belajar mahasiswa untuk mata kuliah Asuhan Kebidanan Patologi masih belum memuaskan. Banyak faktor yang menyebabkannya, salah satu nya yaitu pengelolaan kelas yang kurang efektif dalam mengajar materi Asuhan Kebidanan Patologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Patologi di Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes langsa Tahun 2013.Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan desain cross sectional (potong lintang). Lokasi penelitian di Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes langsa.Populasi sebanyak 59 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel.Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang pengelolaan kelas menurut mahasiswa sebagian besar dalam kategori cukup yaitu 40 orang (67,8%). Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Patologi sebagian besar mendapatkan nilai B yaitu 27 orang (45,8%). Ada hubungan yang signifikan antara Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Patologi, diperoleh X2hitung (32,619) dan nilai probabilitas (p) = 0,000.Kesimpulan penelitian ini bahwa semakin baik persepsi mahasiswa tentang pengelolaan kelas dosen maka hasil belajar mahasiswa akan semakin baik.Maka pengelolaan kelas yang baik sangat penting dalam proses pembelajaran.

Deskripsi Alternatif :

Hasil belajar mahasiswa untuk mata kuliah Asuhan Kebidanan Patologi masih belum memuaskan. Banyak faktor yang menyebabkannya, salah satu nya yaitu pengelolaan kelas yang kurang efektif dalam mengajar materi Asuhan Kebidanan Patologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Patologi di Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes langsa Tahun 2013.Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan desain cross sectional (potong lintang). Lokasi penelitian di Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes langsa.Populasi sebanyak 59 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel.Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang pengelolaan kelas menurut mahasiswa sebagian besar dalam kategori cukup yaitu 40 orang (67,8%). Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Patologi sebagian besar mendapatkan nilai B yaitu 27 orang (45,8%). Ada hubungan yang signifikan antara Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Patologi, diperoleh X2hitung (32,619) dan nilai probabilitas (p) = 0,000.Kesimpulan penelitian ini bahwa semakin baik persepsi mahasiswa tentang pengelolaan kelas dosen maka hasil belajar mahasiswa akan semakin baik.Maka pengelolaan kelas yang baik sangat penting dalam proses pembelajaran.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Iman Muhammad,SE,S.Kom,M,M. M.Kes


    Roslina Julianti, SST, M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia