Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEMAMPUAN DOSEN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWI KEBIDANAN PADA ASUHAN KEBIDANAN II (PERSALINAN) DI AKADEMI KEBIDANAN SEHAT MEDAN TAHUN 2013

Journal from OJS 2549-3760 /
Oleh : WILDA SUHIDA NASUTION
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Kompetensi dosen, Proses Belajar Mengajar, Hasil Belajar
Url : http://www.helvetia.ac.id

Sejak tahun 1975 dilaksanakan pembaruan pendidikan secara menyeluruh dengan pendekatan kompetensi. Berbeda dengan pendidikan berdasarkan disiplin, pendidikan berdasarkan kompetensi berorientasi pada kemampuan yang perlu dikuasai oleh peserta didik sebagai tujuan pendidikan. Pendidikan berdasarkan kompetensi adalah suatu sistem dengan komponen-komponennya yang terdiri atas masukan, proses, keluaran, dan umpan balik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam PBM dengan pencapaian kemampuan mahasiswa tingkat II pada mata kuliah askeb II.


Jenis penelitian yang digunakan bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional dan pengambilan datanya melalui pembagian kuesioner dengan sampel 69 responden di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2013.


Dari hasil uji statistic Chi-square pada tingkat kepercayaan 95% dengan α= 0,05, diperoleh ( α=0,018). Maka Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam PBM dengan pencapaia kemampuan mahasiswa tingkat II pada mata kuliah askeb II (persalinan). Diketahui bahwa bahwa mayoritasnya mengatakan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam PBM dalam kategori cukup yaitu 27 orang (39,1%), dan minoritasnya mengatakan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam PBM dalam kategori kurang yaitu 18 orang (26,1%).


Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwasannya ada hubungan antara kemampuan dosen dalam proses belajar mengajar dengan hasil belajar mahasiswa.

Deskripsi Alternatif :

Sejak tahun 1975 dilaksanakan pembaruan pendidikan secara menyeluruh dengan pendekatan kompetensi. Berbeda dengan pendidikan berdasarkan disiplin, pendidikan berdasarkan kompetensi berorientasi pada kemampuan yang perlu dikuasai oleh peserta didik sebagai tujuan pendidikan. Pendidikan berdasarkan kompetensi adalah suatu sistem dengan komponen-komponennya yang terdiri atas masukan, proses, keluaran, dan umpan balik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam PBM dengan pencapaian kemampuan mahasiswa tingkat II pada mata kuliah askeb II.


Jenis penelitian yang digunakan bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional dan pengambilan datanya melalui pembagian kuesioner dengan sampel 69 responden di Akademi Kebidanan Sehat Medan Tahun 2013.


Dari hasil uji statistic Chi-square pada tingkat kepercayaan 95% dengan α= 0,05, diperoleh ( α=0,018). Maka Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam PBM dengan pencapaia kemampuan mahasiswa tingkat II pada mata kuliah askeb II (persalinan). Diketahui bahwa bahwa mayoritasnya mengatakan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam PBM dalam kategori cukup yaitu 27 orang (39,1%), dan minoritasnya mengatakan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dalam PBM dalam kategori kurang yaitu 18 orang (26,1%).


Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwasannya ada hubungan antara kemampuan dosen dalam proses belajar mengajar dengan hasil belajar mahasiswa.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • dr.Hj Razia Begum Suroyo. M.Sc. M.Kes


    Herlina J.EL-Matury ST, M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia