Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN I (KEHAMILAN) AKADEMI KEBIDANAN NURUL KHASANAH KOTA CANE TAHUN 2011
Oleh : Wilhelmina Wahara (info@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Persepsi Mahasiswa, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Url : http://helvetia.ac.id/library
Media pembelajaran sebagai salah satu komponen pembelajaran mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Namun, berdasarkan survey awal peneliti di Akademi Kebidanan Nurul Khasanah terhadap mahasiswa semester III sebanyak 57 orang untuk mata kuliah Askeb I (Kehamilan) sebagian besar hasil belajar cukup sebanyak 60%) dan sebagian kecil hasil belajar kurang sebanyak (30%). Hal ini melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini dengan menetapkan masalah bagaimana persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar mahasiswa semester III terhadap mata kuliah Asuhan Kebidanan I (Kehamilan).
Jenis penelitian deskriptif analitik yang bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) Akademi Kebidanan Nurul Khasanah Kota Cane Tahun 2010. Populasi sampel 57 orang ( Total Populasi ) Penelitian dilaksanakan bulan Desember 2010. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan hasil penelitian dianalisa menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji chi square (X2).
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran Handout dengan hasil belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) di Akademi Kebidanan Nurul Khasanah Kota Cane dengan nilai signifikansinya 0,000 atau lebih kecil dari 0,05, dan ada hubungan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran Proyektor dengan hasil belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) di Akademi Kebidanan Nurul Khasanah Kota Cane dengan nilai signifikansinya 0,000 atau lebih kecil dari 0,05.
Disarankan kepada mahasiswa agar mengambil posisi duduk yang lebih jelas saat belajar, kepada dosen hendaknya dalam menyampaikan materi perkuliahan selalu menggunakan media, baik proyektor, handout maupun alat media lainnya agar mahasiswa lebih menguasai materi yang disajikan dan kepada peneliti lainnya diharapkan agar mampu menggali variable-variable lain yang mungkin memiliki hubungan terhadap hasil belajar mahasiswa.
Media pembelajaran sebagai salah satu komponen pembelajaran mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Namun, berdasarkan survey awal peneliti di Akademi Kebidanan Nurul Khasanah terhadap mahasiswa semester III sebanyak 57 orang untuk mata kuliah Askeb I (Kehamilan) sebagian besar hasil belajar cukup sebanyak 60%) dan sebagian kecil hasil belajar kurang sebanyak (30%). Hal ini melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini dengan menetapkan masalah bagaimana persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar mahasiswa semester III terhadap mata kuliah Asuhan Kebidanan I (Kehamilan).
Jenis penelitian deskriptif analitik yang bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) Akademi Kebidanan Nurul Khasanah Kota Cane Tahun 2010. Populasi sampel 57 orang ( Total Populasi ) Penelitian dilaksanakan bulan Desember 2010. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan hasil penelitian dianalisa menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji chi square (X2).
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran Handout dengan hasil belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) di Akademi Kebidanan Nurul Khasanah Kota Cane dengan nilai signifikansinya 0,000 atau lebih kecil dari 0,05, dan ada hubungan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran Proyektor dengan hasil belajar Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) di Akademi Kebidanan Nurul Khasanah Kota Cane dengan nilai signifikansinya 0,000 atau lebih kecil dari 0,05.
Disarankan kepada mahasiswa agar mengambil posisi duduk yang lebih jelas saat belajar, kepada dosen hendaknya dalam menyampaikan materi perkuliahan selalu menggunakan media, baik proyektor, handout maupun alat media lainnya agar mahasiswa lebih menguasai materi yang disajikan dan kepada peneliti lainnya diharapkan agar mampu menggali variable-variable lain yang mungkin memiliki hubungan terhadap hasil belajar mahasiswa.
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- , Editor: Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan