Path: Top � YYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA � D4 Kebidanan
HUBUNGAN TEKNIK PEMBELAJARAN LABORATORIUM DENGAN KESIAPAN PELAKSANAAN UJIAN PATOLOGI KEBIDANAN MAHASISWA DI STIKES PUTRA ABADI LANGKAT PROGRAM STUDI KEBIDANAN TAHUN 2012
Oleh : WINDA AYU AFRISA SUNDARI
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Teknik Pembelajaran dan Kesiapan Pelaksanaan Ujian
Url : http://www.helvetia.ac.id
Pembelajaran diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar konvensional dimana guru dan peserta didik langsung berinteraksi. Pembelajaran disusun berdasarkan suatu sistem yang terdiri atas tujuan pembelajaran, kajian isi/ materi ajar, strategi pembelajaran (metode, media, waktu, sistem penyampaian), serta asesmen belajar. Metode mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki peserta didik akan ditentukan oleh kerelevansian penggunaan suatu metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Design dalam penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner dan observasi dan data skunder menggunakan data yang diperoleh dari Prodi DIII Kebidanan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi D III Kebidanan semester IV sebanyak 120 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus slovin, dari hasil penghitungan diperoleh 55 orang menjadi sampel dan diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan Uji Univariat dan Uji Bivariat menggunakan Uji Statistik Chi Square.
Hasil penelitian ditemukan mayoritas responden tidak siap menghadapi ujian patologi kebidanan sebanyak 31 responden (56,4%). Hasil uji bivariat diperoleh variabel yang bermakna dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi P value = 0,002, Metode Simulasi P value = 0,003, dan Metode Role Play P value = 0,000
Disarankan kepada dosen untuk menerapkan teknik pembelajaran yang efektif kepada mahasiswa sehingga mahasiswa mudah mengerti perasat/tindakan patologi kebidanan yang dilakukan
Pembelajaran diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar konvensional dimana guru dan peserta didik langsung berinteraksi. Pembelajaran disusun berdasarkan suatu sistem yang terdiri atas tujuan pembelajaran, kajian isi/ materi ajar, strategi pembelajaran (metode, media, waktu, sistem penyampaian), serta asesmen belajar. Metode mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki peserta didik akan ditentukan oleh kerelevansian penggunaan suatu metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Design dalam penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner dan observasi dan data skunder menggunakan data yang diperoleh dari Prodi DIII Kebidanan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi D III Kebidanan semester IV sebanyak 120 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus slovin, dari hasil penghitungan diperoleh 55 orang menjadi sampel dan diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan Uji Univariat dan Uji Bivariat menggunakan Uji Statistik Chi Square.
Hasil penelitian ditemukan mayoritas responden tidak siap menghadapi ujian patologi kebidanan sebanyak 31 responden (56,4%). Hasil uji bivariat diperoleh variabel yang bermakna dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi P value = 0,002, Metode Simulasi P value = 0,003, dan Metode Role Play P value = 0,000
Disarankan kepada dosen untuk menerapkan teknik pembelajaran yang efektif kepada mahasiswa sehingga mahasiswa mudah mengerti perasat/tindakan patologi kebidanan yang dilakukan
Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | OJS 2549-3760 |
_ORGANIZATION | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
_PRINTTHISPAGE
Kontributor...
- Willhelmina Wahara, SST, M.Keb
Rapida Saragih, M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia