Path: TopYYS INSTITUT KESEHATAN HELVETIAD4 Kebidanan

HUBUNGAN PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR ASKEB I PADA MAHASISWA SEMESTER II DI AKADEMI KEBIDANAN HELVETIA MEDAN TAHUN 2013

Undergraduate Theses from OJS 2549-3760 /
Oleh : YOANITA MANURUNG
Dibuat : , dengan 1 file

Keyword : Pencapaian Tujuan Pembelajaran, Hasil Askeb I
Url : http://www.helvetia.ac.id

Pembelajaran model pencapaian konsep adalah suatu strategi mengajar bersifat induktif didefinisikan untuk membantu siswa dari semua usia dalam memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep yang dipelajari dari melatih menguji hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau membuktikan apakah ada hubungan pencapaian tujuan belajar dengan hasil belajar Askeb I pada mahasiswa semester II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2013.


Desain penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 60 orang dengan menggunakan total sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diperoleh langsung dari responden.


Hasil penelitian ini ditemukan bahwa hasil belajar dengan pencapaian kategori kurang sebanyak 39 orang (65,0%), pencapaiankategori cukup sebanyak 15 orang (25,0%), dan pencapaian kategori baik sebanyak 6 orang (10,0%). Mahasiswa dengan hasil belajar kategori baik sebanyak 50 orang (83,3%), dan mahasiswa dengan hasil belajar kategori amat baik sebanyak 10 orang (16,7%). Hasil penelitian ini berdasarkan hasil chi-square diperoleh nilai p (0,002) <(0,05) yang berarti ada hubungan antara pencapaian tujuan belajar dengan hasil belajar Askeb I pada mahasiswa semester II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2013.


Di harapkan pada mahasiswa di Akademi Kebidanan Helvetia Medan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya belajar. Belajar akan dapat melaksanakan teori–teori dan pengetahuan yang telah didapat selama ini dalam perkuliahan seperti membiasakan diskusi atau kerja kelompok.

Deskripsi Alternatif :

Pembelajaran model pencapaian konsep adalah suatu strategi mengajar bersifat induktif didefinisikan untuk membantu siswa dari semua usia dalam memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep yang dipelajari dari melatih menguji hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau membuktikan apakah ada hubungan pencapaian tujuan belajar dengan hasil belajar Askeb I pada mahasiswa semester II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2013.


Desain penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 60 orang dengan menggunakan total sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diperoleh langsung dari responden.


Hasil penelitian ini ditemukan bahwa hasil belajar dengan pencapaian kategori kurang sebanyak 39 orang (65,0%), pencapaiankategori cukup sebanyak 15 orang (25,0%), dan pencapaian kategori baik sebanyak 6 orang (10,0%). Mahasiswa dengan hasil belajar kategori baik sebanyak 50 orang (83,3%), dan mahasiswa dengan hasil belajar kategori amat baik sebanyak 10 orang (16,7%). Hasil penelitian ini berdasarkan hasil chi-square diperoleh nilai p (0,002) <(0,05) yang berarti ada hubungan antara pencapaian tujuan belajar dengan hasil belajar Askeb I pada mahasiswa semester II di Akademi Kebidanan Helvetia Medan tahun 2013.


Di harapkan pada mahasiswa di Akademi Kebidanan Helvetia Medan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya belajar. Belajar akan dapat melaksanakan teori–teori dan pengetahuan yang telah didapat selama ini dalam perkuliahan seperti membiasakan diskusi atau kerja kelompok.

Beri Komentar ?#(0) | _BOOKMARK

PropertiNilai Properti
ID PublisherOJS 2549-3760
_ORGANIZATION
Nama KontakAlfiansyah, S.Kom., M.Kom
AlamatKapten Sumarsono
KotaMedan
DaerahSumutara Utara
NegaraIndonesia
Telepon+62 852-7055-6169
FaxNot Available
E-mail Administratorfiandeal@yahoo.com
E-mail CKOfiandeal@yahoo.com

_PRINTTHISPAGE

Kontributor...

  • Fitriani P Gurning, SKM, M.Kes


    Roslina Yulianti, SST, M.Kes, Editor: LPPM STIKes Helvetia