Path: Top � YYS AKBID HELVETIA
TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KEBIDANAN DI KLINIK ANITA MEDAN TAHUN 2009
Oleh : FATMAWATI, AM.Keb (info@helvetia.ac.id)
Dibuat : , dengan 1 file
Keyword : Mutu Pelayanan Kebidanan, Tingkat Kepuasan Pasien
Url : http://helvetia.ac.id/library
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kebidanan. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Pasien akan merasa puas jika pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan dan pasien akan merasa kecewa jika pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kebidanan di Klinik Anita Medan Tahun 2009. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung ke Klinik Anita Medan, Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik Accidental Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kebidanan di Klinik Anita Medan Tahun 2009 sebagian besar responden yang menyatakan puas dilihat dari segi kehandalan (reliability) sebanyak 22 responden (73.33%), dari segi kecepatan pelayanan (responsiveness) sebanyak 21 responden (70%), dari segi jaminan (assurance) sebanyak 19 responden (63.33%), dari segi sikap peduli (empathy) sebanyak 20 responden (66.66%) dan dari segi bukti langsung (tangible) sebanyak 17 responden (56.66%).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan harapan pasien. Diharapkan kepada petugas kesehatan khususnya bidan untuk tetap dan lebih meningkatkan pelayanan kebidanan dalam memberikan kepuasan kepada pasien sehingga tercapainya mutu pelayanan yang tinggi dalam pelayanan kebidanan di Indonesia.
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kebidanan. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Pasien akan merasa puas jika pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan dan pasien akan merasa kecewa jika pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kebidanan di Klinik Anita Medan Tahun 2009. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung ke Klinik Anita Medan, Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik Accidental Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kebidanan di Klinik Anita Medan Tahun 2009 sebagian besar responden yang menyatakan puas dilihat dari segi kehandalan (reliability) sebanyak 22 responden (73.33%), dari segi kecepatan pelayanan (responsiveness) sebanyak 21 responden (70%), dari segi jaminan (assurance) sebanyak 19 responden (63.33%), dari segi sikap peduli (empathy) sebanyak 20 responden (66.66%) dan dari segi bukti langsung (tangible) sebanyak 17 responden (56.66%).
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan harapan pasien. Diharapkan kepada petugas kesehatan khususnya bidan untuk tetap dan lebih meningkatkan pelayanan kebidanan dalam memberikan kepuasan kepada pasien sehingga tercapainya mutu pelayanan yang tinggi dalam pelayanan kebidanan di Indonesia.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | SUPTHELPP |
Organisasi | |
Nama Kontak | Alfiansyah, S.Kom., M.Kom |
Alamat | Kapten Sumarsono |
Kota | Medan |
Daerah | Sumutara Utara |
Negara | Indonesia |
Telepon | +62 852-7055-6169 |
Fax | Not Available |
E-mail Administrator | fiandeal@yahoo.com |
E-mail CKO | fiandeal@yahoo.com |
Print ...
Kontributor...
- Dr. Hj. Razia Begum Suroyo, M.Sc., M. Kes dan Meriance Listya Simbolon, SST, Editor: info@helvetia.ac.id@supthelpp